Sejarah Umum Pemakaian Madu

Ahli Ilmu Fisika yang bernama Hypocrates, membiasakan diri mengkonsumsi madu secara teratur. Akhirnya beliau mendapatkan kesehatan dan umur panjang hingga mencapai 107 tahun. Bagai mana dengan bapaknya “Natural Science”yaitu “Aristoteles”. Beliau beranggapan madu memiliki sifat unik yang dapat menjaga kesehatan dan memperpanjang usia. Yang dimaksud memperpanjang usia yaitu orang-orang di usia lanjut yang rajin mengkonsumsi madu secara teratur memiliki stamina yang kuat dan jarang terkena gangguan penyakit yang serius.

Begitu juga dengan “Ibnu Sina”(Avicena)  Ilmuan yang tersohor. Ibnu Sina mengganjurkan kita untuk mengkonsumsi madu secara rutin dan teratur supaya di usia tua nanti tetap bisa bekarja. Yang paling dianjurkan yaitu manusia yang sudah masuk usia 45 tahan keatas harus mengkonsumsi madu secara teratur dan istikomah.

Semakin tinggi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi suatu bangsa, maka semakin tinggi kesadaran akan pentingnya memelihara kesehatan dan mengkonsumsi madu adalah alternatif pilihan yang terbaik. Madu merupakan jenis makanan alami (natural health foods).

Suatu contoh masyarakat negara maju yang berteknologi tinggi yang gemar mengkonsumsi madu adalah Jerman Barat dan Swiss. Kedua negara tersebut paling perduli terhadap keamanan makanan bagi warganya. Mereka rata-rata mengkonsumsi madu 800gram dan 1,4 kg/orang /tahun.

Selanjutnya warga negara Amerika Serikat dan Inggris yang mengkonsumsi madu lebih rendah dari Jerman dan Swiss. Warga negara Amerika mengkonsumsi madu 400 – 500 gram/orang /tahun dan warga negara Inggris mengkonsumsi madu 250 – 350 gram/orang/tahun.

Madu meskipun manis tapi tidak mengandung gula/permen yang bisa merusak gigi yang disebut bakteri asam laktat. Madu mengandung anti biotik, ber PH rendah, Mineral tinggi dan bersifat basa. Oleh karena itulah madu bisa berfungsi sebagai desinfeksi terhadap rongga mulut. Dan sejarah mengatakan nenek moyang kita dulu sering menganjurkan berkumur dengan madu encer (± 15%) untuk menyembuhkan radang rongga mulut.

Dikutip dari : Hot Thread by Adtcadut

Categories: Sejarah Pemakaian Madu | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: